[Review] Jafra Dynamics Mattifying Series: Apa Kabar Jerawat? Breakout Parah!

Monday, July 03, 2017

Sedih nggak sih, kalau setiap ketemu teman selalu ditanya hal yang sama, 
"Kok jadi jerawatan sih?"
"Kamu salah perawatan ya?"
Dan masih banyak pertanyaan lain yang sebenernya aku risih dengarnya, notabene mempertanyakan penampakan wajah yang berubah dari agak mulus jadi breakout abis 😞. 

Beberapa bulan terakhir ini (sejak Februari 2017) aku mencoba produk skin care yang "katanya" alami, bebas hydroquinone dan merkuri dan berdasarkan testimoni yang tersebar hasilnya bagus banget ke wajah, investasi nih. Sayangnya untuk mereka yang baru lepas dari "cream kekerasan" harus mengalami fase "rebound" sebelum mendapatkan kulit wajah yang didambakan.

Sebelum memutuskan untuk beralih dari klinik kecantikan ke Jafra, aku sudah browsing-browsing, googling kesana kemari, buat menetapkan keyakinan seberapa hebat sih produk ini. Namun yang kutemukan hanyalah testimoni yang membuatku keracunan (wih masa iya sih hasilnya sebening ini 😲).

Akhirnya kutemukan salah satu consultan Jafra yang lokasinya dekat rumah, sesuai hasil konsultasi dengan consultant Jafra akhirnya aku mencoba Jafra Advanced Dynamics Mattifying (warna hijau) karena kulitku berjerawat (beruntusan sih), meski sebenernya tipe kulitku normal kombinasi (cenderung kering di pipi), harusnya memakai yang Advanced Dynamics Balancing (warna orange) tapi untuk ngobati jerawatnya pakai yang ijo dulu lah.

Sebelum memutuskan membeli full size aku memakai trial kit yang aku dapat dari starter kit Jafra, takutnya efek rebound yang kualami tak terbendung, mengingat dosa-dosaku berpindah-pindah klinik kecantikan bahkan memakai krim abal-abal yang bisa memutihkan dalam 48jam huhu berujung pada kulitku jadi kelewat sensitif. 😴

Baca juga : [REVIEW] MSGlow Skin Care Sebagus Testimoni Nggak Sih?

Oh iya ngomong-ngomong tentang starter kit nih, kamu bisa dapatin ini dengan cara daftar member Jafra dan akan dibimbing jadi consultant Jafra untuk menjalankan bisnis ini. Cukup dengan bayar 299rb kamu akan dapat starter kit berisi skin care lengkap ukuran sample, scrub, foot care, lipstik, kaca dan perlengkapan lainnya. Murah sih menurutku hehe~

Selama kurun waktu satu sampai dua minggu aku belum merasakan ada tanda-tanda rebound, tapi ketika berjalan sebulan, jerawat yang pada awalnya bruntusan di jidat mulai membesar. Area pipi yang awalnya mulus tak berjerawat pun mulai dihinggapi jerawat segede jagung!!! Ngeri 😭 

Ini dia produk yang aku pakai dari seri Mattifying:

1. Advanced Dynamics Mattifying Cleanser


Namanya memang cleanser, mungkin sebagian dari kamu mengira ini seperti milk cleanser yang dibersihkan dengan kapas/sponge. Tapi sebenarnya ini adalah facial wash, penampakannya memang seperti susu putih, harumnya natural, setelah pemakaian terasa efek segar dan lumayan mengontrol minyak (average), nggak bikin kesat sampai kering. Tapi nggak disarankan untuk kulit normal kombinasi apalagi pemakaian yang agak lama, karena setelah pemakaian 4 bulan kulitku mulai terasa kering, mungkin juga efek dari cuci muka lebih dari dua kali sehari hehe. Isinya sebanyak 125ml bisa dipakai 2-3 bulan dengan pemakaian normal dua kali sehari. Kali pertama beralih ke Jafra aku hanya menggunakan cleanser ini, berselang 2 minggu aku mulai memakai moisturenya.


2. ADM Day Moisture Broad Spectrum SPF 15


Nggak ada yang istimewa dari day cream ini, aku juga tidak merasakan efek apa-apa setelah memakainya beberapa minggu. Karena fungsinya memang untuk mengontrol minyak, aku rasa efek lembabnya kurang kena. Lumayan berat di kulitku, apalagi kalau sudah kering, cream ini susah ngeblend di kulit, malah jadi nggak bagus waktu dibedakin. Aku hanya kurang suka karena teksturnya terlalu cream. Isinya 50ml, sampai saat ini masih sisa sedikit dan sudah nggak aku pakai karena nggak suka sama finishnya.


3. ADM Night Moisture


Jujur night cream ini sebenarnya baru boleh dipakai waktu jerawat sudah sembuh dan tinggal bekas jerawat, tapi karena aku terlalu penasaran akhirnya kebeli juga hehe. Tapi aku nggak langsung pakai karena jerawatku pas lagi parah-parahnya, jadi cuma aku simpen. Baru kupakai dua kali, dan cream ini nganggur sampai saat ini. Isinya masih utuh. Kenapa nggak dipakai? Karena terlalu oily dan bikin jerawatku makin parah! Iyalah kan emang nggak boleh dipake waktu jerawatan 😜

Waktu bangun aku ngerasa wajahku abis djadikan tempat pengeboran minyak, dan kusamnya minta ampun. Jadilah kuhentikan dan cukup dua kali kupakai, nggak nyaman banget sih kalau tidur wajah sampai minyaknya over gitu. It's not hydrating but ........ 😟

3. Clear Blemish Treatment

Inilah yang mengeluarkan dan mengeringkan jerawatku silih berganti selama 3 bulan pemakaian. Pada awal pemakaian, aku rutin pakai ini sehabis memakai day moisture atau night moisture, jerawat yang awalnya beruntusan mulai memberi kode-kode kematangan dan mengempeskan diri. Tapi sayangnya after 3 months, it doesn't work anymore to my acne!!

Baca juga : [REVIEW] Sun Protection Emina vs Suncare Ristra

Jerawatku yang terlanjur membesar nggak kempes-kempes, malah makin banyak tapi tak kunjung sembuh. Karena sudah parno lihat wajah sendiri, serius I FEEL SO DEPRESSED, aku pun putus asa dan memutuskan untuk konsultasi dengan dokter SPKk saja. Ingat ya! DOKTER SPKk bukan dokter klinik kecantikan.

[UPDATE]
Diriku sudah menduga, namanya skincare pasti cocok-cocokan, sebagian besar orang yang cocok dengan produk Jafra ini karena komposisinya yang pas buat kulit mereka. Tapi entah mengapa ya setelah berhenti pemakaian Jafra, ketika aku coba olesin creamnya (karena sayang masih banyak) besoknya pasti nongol jerawat. Alhasil aku menyimpulkan bahwa jerawat yang muncul bukanlah efek rebound tapi karena kulitku nggak cocok sama produk ini, mau semahal apa ataupun katanya natural herbal atau apalah kalau kulitmu nggak mau nerima ya mau gimana lagi kan? Jadi memang sih, untuk nemu produk yang pas dan cocok sama kulit itu perlu trial error dan pengorbanan.

*Review ini adalah berdasarkan pengalaman dan penilaian pribadi, efek akan berbeda pada setiap orang dengan jenis kulit berbeda.

You Might Also Like

6 komentar

  1. Udah nemu produk yg pas belom kak? Aku juga sering ganti ganti skin care, tapi gaada yg cocok sama jerawat aku -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. terakhir yang paling cocok aku pake tbs yang tree tea untuk sabun mukanya, lumayan kalem jerawatnya ngga keroyokan lagi sekarang, dari makanan juga pengaruh banget lo ke jerawat

      Delete
  2. Very good blog you have here but I was curious if you knew of any user discussion forums that cover the same topics discussed here? I'd really love to be a part of community where I can get feed-back from other experienced individuals that share the same interest. If you have any recommendations, please let me know. Thank you! aol mail login

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, thankyou for visiting my blog. Btw, what type of discussion forums you want to join? I know some discussion forums in Indonesia, maybe you can search it in google to find some forums in ur country :)

      Delete
  3. akhirnya ke dokter SPKK mana mba? karna kasusnya sama nih, jerawat beruntursan dan berminyak ngga abis2 :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. dr. Budi Kepanjen kak, kalo di malkot bisa coba dr spkk di kimia farma :)

      Delete