UMKM Go Online Road to One Million

Monday, September 04, 2017


Hari ini dapat kesempatan buat jadi peserta seminar di kampus tercinta. Judul seminar ini keren banget  loh "UMKM Go Online Road to One Million", dari judulnya udah berat kan artinya hwhww. Jadi makin semangat nyimak. Seminar yang diadakan di Rektorat UIN Maulana Malik Ibrahim ini tak hanya mengajak para mahasiswa tapi juga para komunitas bisnis UMKM, dan pelaku UMKM. Karena sesuai tujuannya, acara ini diadakan untuk mempertemukan para owner UMKM yang ingin go online dengan mahasiswa yang merupakan generasi milenial, generasi serba digital, yang mana kemampuan dan pengetahuan marketing dan e-commerce lebih mumpuni. That's why kegiatan ini mengusung tema #PahlawanDigital bukan pahlawan bertopeng ya 😝



Nggak hanya sampai disitu, pembicara dari seminar ini juga orang-orang keren dibidang UMKM. Mereka mengupas habis kenapa sih kita harus menjadi salah satu bagian dari kemajuan UMKM Indonesia? Kenapa sih harus UMKM? Kenapa nggak perusahaan-perusahaan yang sudah multinasional? FYI, di Indonesia minat masyarakat terhadap dunia wirausaha masih sangat-sangat minim jika dibandingkan dengan jumlah popuasi Indonesia, buktinya hanya sekitar 1,67% dari populasi Indonesia. 

Update :  Menurut catatan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), seperti yang diungkapkan oleh Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, jumlah pengusaha di Indonesia meningkat dari yang sebelumnya hanya sebesar 1,67% menjadi 3,10% dari total jumlah pendudukan Indonesia yang saat ini sebanyak 225 juta jiwa. -Koinworks

Jika dibandingkan dengan angka negara-negara seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Amerika, Korea Selatan tentu saja nilai ini masih sedikit. Terus siapa yang bisa membangkitkan keinginan berwirausaha? Tentu saja KITA! Siapa lagi jika bukan generasi kita, apalagi dengan jumlah generasi produktif terbanyak di masanya, kemauan untuk berwirausaha harus ditanamkan, merubah mindset dari MENCARI LAPANGAN PEKERJAAN menjadi MENCIPTAKAN LAPANGAN PEKERJAAN. 

"Menjadi pegawai boleh, tapi jangan jadikan ini satu-satunya tujuan hidup kita."

Kita bisa berkaca pada China, kenapa produknya bisa membanjiri negeri kita? Karena UMKM mereka mampu bersaing di kancah internasional.  Lalu UMKM kita? Sudah saatnya generasi muda memberikan empati pada UMKM, menjadi pahlawan UMKM sekaligus menjadi bagian dari kesejahteraan nasional. Menjadi bagian dari perubahan perekonomian usaha kecil untuk bisa bersaing di kancah internasional. Yuk generasi muda!

Kobarkan Jiwa Wirausaha!

You Might Also Like

0 komentar