Double Cleansing untuk Kulit Kombinasi dan Sensitif

Tuesday, April 03, 2018




Halo hai skincare lovers! Kali ini aku mau share sesuatu yang penting banget. First step dari skincare routines, yaitu cleansing. Postingan ini merupakan kolaborasi bareng temen-temen di Komunitas Beauty Blogger & Vlogger. Oh ya, jangan lupa intip juga gimana Cara Double Cleansing ala Tutu ya! 😍


Sebagai cewek yang tiap hari berkutat di jalan raya, debu dan polusi seakan menjadi musuh sehari-hari, belum lagi kalau harus keluar rumah tengah hari, lupa pakai masker, hmmm puncaknya panas, debu dan polusi bercampur jadi satu. Nah, pas udah pulang pasti tau kan gimana capek, kotor, dan kusamnya wajah, bahkan debu-debu mulai dari yang paling tipis sampai segede scrub nggak sungkan-sungkan nangkring di wajah. 😢
Sebelum aku menerapkan double cleansing,  komedo dan jerawat suka banget singgah di T zone, setelah cari tahu ternyata caraku membersihkan wajah kurang maksimal menyebabkan sisa kotoran dan debu yang masih nempel menjelma jadi komedo, bruntusan dan jerawat. Yaaaa pantes aja komedoku nggak abis-abis dan jerawatku nggak kelar-kelar.

Tapi, setelah aku rajin menerapkan double cleansing, aku langsung bersyukur serta takjub banget, karena efeknya bener-bener ngaruh! Komedo? Bye! Jerawat? Masih suka mampir sih di waktu-waktu tertentu, hehe. 😂 So, this is step by step how I clean my face!

STEP 1 : Clean up my eye and lip
💗 TBS Camomile Gentle Eye Make-Up Remover 💗

Step pertama yaitu bersihin area mata dan bibir dengan menggunakan cleanser khusus untuk mata dan bibir, kenapa harus khusus? Area mata adalah bagian wajah yang paling sensitif jika dibersihkan menggunakan produk yang terlalu keras, jadi aku sarankan bersihin area mata menggunakan produk khusus untuk mata.

Nggak cuma mata, bibir juga penting loh untuk dibersihkan meski lipstik di bibir kelihatan sudah memudar tapi sisa lipstik pasti masih menempel. Step ini menurutku penting banget, karena sisa lipstik yang tidak dibersihkan dengan cleanser akan menyebabkan warna bibir menggelap. Nggak mau kan bibirnya item padahal wajahnya udah cling?

Caranya cukup tuangkan make-up remover ke kapas dan oleskan perlahan ke area mata lalu gosokkan kapas ke bagian bibir ulangi dengan membalik bagian kapas sampai tidak ada lipstik yang tersisa.

STEP 2 : Clean up my face
💗 TBS Vitamin E Cream Cleanser 💗


Step selanjutnya yaitu membersihkan wajah dengan menggunakan milk cleanser atau oil cleanser. Dulunya aku jarang banget bersihin wajah pakai milk cleanser, karena ngerasa ribet bersihin wajah langsung pakai facial wash, gara-gara cara yang salah ini akhirnya komedo dan jerawat jadi gampang banget nongol.

Aku suka selang seling sih, jadi kadang pakai milk cleanser atau oil cleanser. Meski sekarang lagi hits banget bersihin wajah pakai micellar water tapi aku lebih memilih milk cleanser dan oil cleanser, karena menurutku mereka nggak bikin kulitku jadi kering. Selain itu, kulitku gampang banget iritasi kalau terkena produk yang mengandung alkohol jadi nggak berani coba-coba micellar water. Mungkin kalian ada rekomendasi micellar water yang free alcohol?

STEP 3 : Exfoliation
💗 St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub 💗


Kalau kotoran di wajah udah parah dan tebel sampai bikin wajah kusam dan kasar, aku nggak pernah skip step ini. Step exfoliation menggunakan scrub ini aku lakukan minimal 3 hari sekali. Aku suka banget step scrubbing wajah karena efeknya bener-bener bikin kulit jadi halus, komedo jadi jarang nongol dan sel-sel kulit mati jadi terangkat. Step ini akan membantu kulit lebih gampang meregenerasi sel kulit baru karena sel-sel kulit mati terangkat dari wajah, nggak perlu takut lagi kulit  wajah dekil dan kusam. Setiap scrubbing lebih enak sambil memijat-mijat wajah biar rileks dan seger bangeet.

STEP 4 : Wash my face
💗 Cetaphil Gentle Skin Cleanser 💗

Step yang paling penting adalah cuci muka, aku pakai Cetaphil Gentle Skin Cleanser, menurutku  sabun ini recommended banget. Fungsinya nggak cuma untuk cuci muka tapi juga bisa jadi cleanser, dan banyak lagi sih, coba deh tonton kegunaan Cetaphil ini di official youtube-nya. 
Sejak pakai Cetaphil aku selalu cuci muka sebelum mandi, pas kondisi tangan kering (abis cuci tangan dihandukin hehehe) aku tuang sabunnya ke tangan, aku olesin ke seluruh wajah sambil dipijat-pijat selama 2-3 menit, baru deh dibilas pakai air bersih atau dibersihkan pakai sponge. Teksturnya yang gentle banget memudahkan kita untuk membersihkan kotoran bahkan di bagian sensitif (lipatan) misalnya lipatan hidung yang sering banget luka kalau di scrub secara berlebihan. Ter-love deh.

Nah 4 step inilah yang rutin aku terapkan untuk membersihkan wajah dari debu dan make-up sisa kegiatan sehari-hari. Sejak rajin menerapkan step-step ini efek yang paling signifikan adalah aku jarang banget komedoan, kulitku jadi lebih halus, lembab dan cerah, udah jarang banget ngalami kulit kusam dan dekil. 💋
Semoga postingan ini bermanfaat, klik follow agar tetap update postingan terbaruku ❤

You Might Also Like

12 komentar

  1. aku juga pake si st ives yang apricot scrub itu hihi! anyway thank you for mentioning my article! hoping you have a wonderful day!

    xoxo,
    tutuskirtjournal.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget emang scrub si apricot nya hihi, lembutnya pas
      😀 you're welcome, I hope you too

      Delete
  2. Penasaran dari dulu pengen cobain tbs vitamin E cream cleanser. Btw thanks sharingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai. Terimakasih ya udah mampir, semoga artikelnya bermanfaat 😄

      Delete
  3. aku udah lama banget penasaran sama cethapil. banyak yang bilang bagus

    ReplyDelete
  4. Cetaphil sama TBS camomile. Au penasaraaan nih! Btw aku juga pake st ives dan memang ok:)

    ReplyDelete
  5. Aku juga suka banget sama St Ives karena dia bener-bener bikin kulit lembut dan bersih.. Cetaphil juga selalu jadi andalan deh!

    ReplyDelete
  6. Me too use cetaphil! Especially pas mukaku lg gk bgs kondisinya.. Psti pk itu.. Btw.. I msh blm cb si st ives.. Think its time to give it a try.. Byk yg blg bgs jg..

    Xoxo
    Blossomshine
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  7. Sudah lama sekli penasaran sama cetapil cuma blm kesampaian aja belum heheh

    ReplyDelete
  8. cetaphill penasaran bgt mau coba

    ReplyDelete
  9. TBS harganya berapa ya? Kayaknya okee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kisaran harga 150-200 kak buat cleanser sama eye remover nya 😊

      Delete