Menyingkap Keindahan Goa di Jogyakarta Bersama Air Asia

Wednesday, April 25, 2018

Selama ini kita mengenal Jogja sebagai kota wisata budaya, kental dengan keindahan Keraton dan peninggalan sejarahnya. Namun sebenarnya, Jogja tak hanya melulu tentang Malioboro dan peninggalan sejarah bangunan megah. Tapi, juga ada goa peninggalan sejarah yang bisa kamu kunjungi.
Dan inilah beberapa rekomendasi goa yang bisa kamu singkap keindahannya bersama Air Asia 😁
GOA PINDUL
Terletak di desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Yang menarik dari Goa Pindul ini adalah terdapatnya aliran sungai bawah tanah yang sangat indah dan memanjang dari mulut goa hingga ke ujung.
Dibuka pada tanggal 10 Oktober 2010 goa ini mampu menarik banyak pengujung tiap harinya. Dengan panjang 350 m dan lebar 5 meter, goa ini memiliki 3 zona. Yaitu, zona teriang di mana kamu bisa dengan bebas melihat keindahan air bawah tanah dengan ikan-ikan yang berenang bebas. Yang kedua adalah zona remang, seperti namanya, cahaya di sini hanya sebagian yang masuk ke dalam goa dibantu oleh pantulan air. Zona ketiga adalah zona gelap, untuk dapat melewatinya kamu harus menggunakan bantuan penerangan.
sumber: spotunik.com
Untuk melewati goa ini, kamu bisa menggunakan ban karet atau ‘cavetubing’. Seperti goa pada umumnya, Goa Pindul juga memiliki stalagtit dan stalagmit, bedanya stalagtit dan stalagmit di Goa Pindul masih aktif, sehingga jika kamu berkunjung di tahun-tahun mendatang bentuknya pasti sudah berubah. Kamu juga akan terkesima dengan lukisan ornament di dinding goa dipadukan dengan indahnya batu Kristal dan juga moonmilk.

Tertarik dengan keindahan Goa Pindul? Segera pesan tiket Air Asia sekarang juga.
GOA CERME
Goa Cerme terletak di dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul atau sekitar 20 km selatan Kota Yogyakarta dan berada di ketinggian 500 meter di atas air laut, untuk menuju goa ini memang agak menantang karena jalannya yang menanjak, menurun, berkelok dan sempit, namun pemandangan alam yang masih sangat asri akan menjadi sensasi tersendiri untuk kamu.
Goa Cerme juga memiliki sejarah tersendiri, goa ini menjadi tempat pertemuannya Walisongo yang membahas masalah dakwah Islam dan pendirian Mesjid Demak.
sumber:rumahtrip.info
Sama seperti Goa Pindul, Goa Cerme juga memiliki keindahan alam stalagtit dan stalagmit dan adanya sungai bawah tanah. Yang membedakannya adalah, goa ini menawarkan kekuatan mistis. Goa ini sepanjang 1,5 km tembus hingga ke Kabupaten Gunungkidul, lokasi ini sampai sekarang masih digunakan untuk ritual bertapa.

GOA LANGSE
Goa Langse berada di tebing Pantai Selatan Pulau Jawa berjarak sekitar 11 KM dari Pantai Parangtritis Jogja. Meski belum setenar dua goa sebelumnya, tetapi goa ini tak kalah indahnya. Dari sini, kamu bisa melihat indahnya sunset sunset dibaik gagahnya karang dan deburan ombak.
sumber: news.detik.com
Seperti Goa Cerme, Goa Langse juga dikenal sebagai wisata religi yang konon juga sering disinggahi dan menjadi patilasan tokoh besar seperti Pangeran Diponegoro, Panembahan Senopati, dan tokoh lainnya. Sehingga wajar banyak orang yang datang untuk bersemedi dengan tujuannya masing-masing. Mulai dari mencari jodoh, ketentraman, hingga kekayaan.
Tertarik untuk bersemedi di sana juga? Segera pesan tiket pesawat Air Asia di Traveloka yang sering memberikan promo-promonya.
GOA JOMBLANG, GUNUNG KIDUL JOGJAKARTA
Nah, khusus untuk kamu pecinta aktivitas ekstrim, goa ini sangat tepat karena akan memacu adrenalinmu. Untuk masuk ke dalam goa ini kamu harus menggunakan tali, maka tak salah jika Goa Jomblang disebut Goa Vertikal, dengan kedalaman 15 -80 meter, medan goa ini terbilang sangat menantang.

Namun jika kamu masih pemula, tak perlu khawatir karena medannya terbagi menjadi tiga bagian, yaitu kedalaman 15 meter untuk pemula, jalur ini masih bisa kamu tapaki meski jalurnya yang cukup terjal. Jalur kedua memiliki kedalaman 40 meter, dan terakhir 80 meter.
sumber: berita.baca.co.id
Saat sampai di dasar goa, kamu akan terpukau dengan keindahannya, banyaknya tumbuhan yang ribun, dinding goa yang ditumbuhi tanaman perdu, pesona keindahan perut bumi ini akan semakin terlihat saat kamu memasuki goa lainnya, yaitu Goa Grubug. Sinar matahari terlihat menembus stalagtit dan stalagmit yang memukau, aliran sungan bawah tanah yang jernih, membuat siapapun yang melihatnya pasti terpukau.
Tiket Air Asia sudah bisa kamu siapkan mulai dari sekarang bila kamu tertarik mengunjungi goa-goa ini. Selamat menjelajahi goa-goa indah Jogjakarta bila kamu punya kesempatan untuk kesana dalam waktu dekat ini, have a nice holiday!

You Might Also Like

0 komentar