Tips Merdeka dari Jerawat!

Sunday, August 19, 2018

My Recent Skincare
Setelah drama pencarian skin care yang tak kunjung usai, kini berakhirlah pencarian cintaku. #wetseh nyanyi. Akhirnya bisa bernafas lega karena udah nggak lagi uring-uringan gara-gara bingung harus ngatasi jerawat dan bruntusan pake apa, nggak dibikin bete lagi gegara kulit memerah dan perih karena salah produk dan berubah super sensitif. Setelah........ jujur, aku bener-bener kagum sama skincare korea, entah sugesti atau memang beneran sebagus itu, tapi skin care korea it really works to my skin. Nggak korea aja sih sebenernya, aku juga pakai beberapa produk US yang direkomendasikan beberapa beauty blogger dan vlogger. Untunglah cocok!

Mungkin beberapa dari kalian ada yang punya permasalahan kulit yang hampir sama kayak aku, bertipe kulit kombinasi, sensitif, acne prone (efek sensitif), kalau nggak cocok sama satu produk efeknya langsung berasa, ditandai dengan muncul jerawat dan bruntusan yang tiada henti, belum lagi bekas jerawatnya bandel banget, lebih bandel ilangnya dibanding jenis kulit lain. Udah itu kulit kamu sensitif namanya.

Udah kombinasi, sensitif lagi. Perpaduan yang sangat.....hmmm. Merawat kulit kombinasi aja udah lumayan susah ya, ditambah sensitifnya, jadi suka bingung kalau kulit lagi break out, berjerawat tapi kering, dipakein skincare buat jerawat kulit malah kelewat kering, dan begitu seterusnya. Pusing.

Kemudian setelah sekian lama belajar dari pengalaman coba-coba skin care ini itu, lama-lama aku ngerasa mulai paham apa yang sebenernya kulitku mau. Ada satu hal yang penting banget untuk mengatasi kulit kamu yang terbilang rewel ini.

#1 Pakai facial wash yang tepat
Bab ini harus trial error sih, kita nggak tau gimana efeknya ke kulit kita kalau nggak dicoba dulu kan? Meskipun beauty blogger dan vlogger bilang "WAGELASEH ini recommended parah!" itu nggak akan menjamin produk itu work di kulit kamu. Begitupun ketika banyak review yang bilang "Duh ini bikin kulitku break out" who's know kalau produk itu bakal cocok sama kulit kamu? Semua butuh proses dan pengorbanan, kalau misal ada tanda-tanda nggak cocok yaudah jangan diterusin, netralin kulit lagi sebelum ganti produk.

Facial wash yang tepat ini kunci, ketika dia bekerja dengan baik di kulit maka kulit akan merespon baik pada skin care yang lain. Misal pakai serum, si serum ini kinerjanya akan semakin maksimal karena kondisi kulit lagi bagus. Yoo~ Nanti kalau udah ketemu facial wash yang pas jangan gonta ganti lagi ya, inget! Gonta ganti yang lainnya nggak apa.


#2 Jangan malas pakai Toner
Sebagian besar pasti berpikir apasih sebenernya manfaat toner? Kayak nggak ada pengaruhnya gitu. Ternyata pemahamanku yang selama ini seperti itu juga salah kaprah, meski toner kelihatannya remeh, ternyata efeknya bikin tercengang. Setelah kita cuci muka, pH kulit jadi nggak seimbang, toner ini lah yang bertugas menyeimbangkan atau mengembalikan tingkat pH kulit kita.

Awalnya aku pakai toner sambil di gosok-gosok ke kulit, ini juga salah loh. Setelah baca di beberapa artikel yang membahas cara menggunakan skin care yang baik dan benar toner lebih baik digunakan dengan cara di tap-tap pada kulit sampai meninggalkan efek basah/lembab. Selanjutnya baru pakai rangkaian moisturizer dan sebagainya.

#3 Keep your skin moisture
Ini kunci UTAMA, itulah kenapa step korean skin care panjang banget, karena mereka ingin memastikan kulit tetap dalam kondisi lembab selama beraktivitas. Kulit lembab adalah yang terpenting, soalnya kulit lembab akan memaksimalkan porses regenerasi kulit sehingga kulit jadi lebih kelihatan seger dan awet mudaaa. Uwuwuw. Dari beberapa pengalamanku memakai skincare klinik kecantikan, produk mereka memang menjadikan kulit kita putih, bersih bahkan glowing, tapi aku belum pernah merasakan kulit selembab dan sekenyal sekarang. Tone kulit juga lebih natural sesuai aslinya, meski nggak putih tapi seneng gitu kulitnya seger.

Tiga poin ini lah yang sekarang aku coba terapkan, meski nggak menerapkan 10 steps korean skin care, aku tetap merasa kulitku mengalami banyak perubahan, beberapa bulan terakhir aku udah nggak pernah lagi jerawatan kecuali mendekati periode, itu pun akan kempes dalam beberapa hari. Kulitku juga nggak gampang break out meski suka coba-coba essence, serum, toner dan cream. Sebelum ini beberapa produk yang diklaim mampu mencerahkan maupun memutihkan nggak begitu nampak efeknya di kulitku, tetep gitu-gitu aja atau malah bikin kusam. Justru sekarang efek skin carenya mulai kerasa, bekas jerawat semakin memudar, warna kulit yang setingkat lebih cerah dan nggak kusam!

Itulah beberapa hal yang pengen aku share ke temen-temen, semoga tulisan ini bisa membantu kamu untuk semangat lagi ngerawat kulit! Jangan putus asa karena jerawat!

-xoxo-

You Might Also Like

0 komentar