Kuliner Makassar Bikin Lupa Diet

Akhir-akhir ini entah kenapa nafsu makan jadi meningkat hampir dua kali lipat, padahal kemarin-kemarin mau makan aja rasanya males soalnya pulang kerja capek justru bikin nafsu makan jadi nggak beraturan. Herannya beberapa hari ini kok ya sering "ngidam" makanan, terakhir kali tiba-tiba kepengen makan coto makassar. Sudah lama nggak makan soto-sotoan sih emang, mungkin gara-gara selama ini kebanyakan makan gorengan lidah jadi butuh dihidrasi dengan makanan berkuah yang gurih, apalagi hawa ademnya Malang mulai kerasa nggak biasa. Bener-bener bikin mager.

Alhasil aku nanya sama salah satu temen asal Makassar, kira-kira disini ada nggak sih coto makassar yang rasanya mirip sama coto makassar asli, eh katanya jauh lebih enak kalau nyobain kulinernya langsung di Makassar. Lah, masa iya harus ke Makassar dulu sih, huhu, mana tahun ini nggak ada long weekend dan belum dapet jatah cuti juga karena belum setahun kerja. Bukannya ngasih solusi eh malah “ngimin-ngimin” kalau banyak kuliner Makassar yang wajib dicoba misalkan suatu hari aku beneran liburan ke sana. Ternyata selain coto makassar ada beberapa makanan lagi yang katanya nggak kalah enak, nah aku mah taunya cuma coto makassar, hahaha.

Sop Konro
Source : http://resephariini.com/resep-sup-konro-khas-makassar-enak/
Sop yang satu ini adalah biang lemak, hahaha. Katanya belum ke Makassar kalau belum nyobain sop konro ini. Hampir tiap restoran di Makassar punya menu sop ini, bahan dasarnya dari iga sapi. Kuahnya yang hitam mirip rawon karena memasaknya sama-sama pakai kluwek. Tingkat popularitas sop konro sebelas dua belas lah sama coto makassar.

Sop Saudara
Source : https://www.makassarguide.com/2015/04/sop-saudara-cerita-menarik-sebuah.html
Sop ini mirip coto makassar, sama-sama berbahan utama daging sapi tapi mereka beda. Bedanya kalau sop saudara ini kuahnya ditambah bihun dan perkedel kentang, satu lagi kuahnya juga ditambahkan susu, penasaran nggak sih gimana jadinya kalau rempah-rempah dicampur susu?

Pallu Marra
Source : https://lifestyle.okezone.com/read/2014/04/11/488/968974/asam-segar-pallumara-ulu-juku-khas-makassar
Emang agak asing ya namanya, makanan ini berbahan dasar ikan dengan kuah sup bumbu kunyit. Ternyata arti pallu marra sendiri adalah makanan asam. Emmm kalau disini sama kayak ikan bumbu acar nggak sih? Soalnya bahan dasarnya sama-sama ikan bandeng, tongkol atau sejenisnya.

Pallubasa
Source instagram @rachmanpanzz
Ini juga hampir mirip coto makassar sih, kalau si coto makassar dimakan dengan ketupat atau lontong, si pallubasa ini dimakan dengan nasi putih. Bahan dasarnya adalah “jeroan” sapi atau kerbau. Hmmm, sampai sini rasanya pulang dari Makassar kolesterol bakal naik deh.

Songkolo (Bagadang)
Source : https://eljohnnews.com/sensasi-kuliner-dinihari-songkolo-bagadang-khas-makassar/
Bosen ah semuanya berkuah, makanan yang satu ini tanpa kuah. Sangkolo adalah salah satu makanan tradisional orang Bugis. Songkolo ini terbuat dari beras ketan dengan taburan kelapa parut yang digoreng ditambah lauk ikan asin kering dan telur asin. Makanan ini sering dijual sampai larut malam di Makassar, makanan pengganjal lapar dikala begadang. Jadi kalau tiba-tiba ngerasa lapar pas jalan-jalan malem bisa sekalian nyobain songkolo.

Pisang Epe
Source : https://m.brilio.net/creator/10-olahan-pisang-khas-makassar-yang-hits-abis-091458.html
Nah kalau yang ini baru deh camilan khas Makassar, pisang nih emang buah segala umat ya, dimana-mana ada dan bisa diolah jadi berbagai jenis makanan termasuk pisang epe. Jujur saya suka pisang kalau sudah diolah dan nggak pernah bosen, sedangkan kalau masih buah sama sekali nggak suka. Nah, pisang epe ini menggunakan pisang jenis kapok yang masih setengah mengkal, terus dipanggang di atas bara api sampai setengah matang, setelah itu ditekan alias digeprek supaya gepeng dan dipanggang lagi. Setelah dipanggang dua kali baru deh pisang epe bisa dinikmati bersama lelehan gula merah beraroma durian atau nangka. Dulunya di sepanjang Pantai Losari banyak penjual pisang epe ini, tapi kayaknya sekarang ada penertiban di sana ya?

Setelah ngomongin kuliner Makassar kayak gini langsung nengok kalender, tahun 2020 banyak harpitnas nih, ada kesempatan buat cuti dan liburan dong, haha. Terus iseng-iseng deh cek harga akomodasi ke Makassar biar bisa nabung dan cepet terealisasi. Selain tiket aku pun cari tahu soal harga hotel di Makassar. Kalau masalah hotel harus nyari hotel dengan harga murah di Makassar soalnya aku nggak mau bangkrut, hahaha.


Pas coba cek di pegipegi muncul beberapa pilihan hotel dengan range harga dan fasilitas yang bervariasi. Enaknya lagi disini kita bisa pilih hotel mana yang dekat dengan lokasi wisata tertentu di kota tujuan, jadi lebih gampang deh bikin rencana liburannya. Oke pokoknya mulai besok aku harus nabung biar bisa liburan ke Makassar!